FASILITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM PEMATANGSIANTAR

Perpustakaan Umum Sintong Bingei yang terletak di Jalan Merdeka No.3 Kompleks Taman Bunga Pematang Siantar dikelola oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Pematang Siantar memiliki luas tanah 1.381 m2 dengan luas bangunan masing-masing 600 m2 untuk lantai I dan II, Perpustakaan ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Perpustakaan, dengan pelayanan yang ramah dan cepat membuat masyarakat beramai-ramai datang ke Perpustakaan ini mulai dari anak-anak pra sekolah, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum memanfaatkan perpustakaan untuk membaca, mencari referensi, mengerjakan tugas, melakukan penelitian, memanfaatkan fasilitas komputer dan wifi, atau menonton di Ruang Audio Visual.

Perpustakaan buka setiap hari Senin s/d Sabtu, dengan Jam Layanan Senin s/d Kamis Buka Jam 08.00 – 16.00 WIB, Jum’at 08.00 – 16.30 WIB, dan Sabtu 09 – 14.00 WIB. Hari Minggu dan Libur Nasional Perpustakaan tutup.

Agar dapat meminjam buku untuk dibawa pulang masyarakat harus menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu dengan syarat berusia minimal 5 tahun dan berdomisili di Kota Pematang Siantar dengan menunjukkan KK (Kartu Keluarga) atau KTP, bagi pelajar atau mahasiswa di Kota Pematang Siantar yang memiliki KK atau KTP beralamat di luar kota Pematang Siantar dapat menunjukkan Kartu Siswa atau Kartu Mahasiswa, prosesnya hanya memakan waktu  ± 5 menit dengan berfoto langsung di tempat, tanpa dipungut biaya atau gratis, masyarakat juga bisa mendaftarkan secara online melalui disini

Perpustakaan Umum Sintong Bingei Kota Pematang Siantar memiliki beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum, diantarnya adalah :

  1. RUANG KOLEKSI BUKU UMUM

Ruangan ini memiliki koleksi ± 27.755 eksemplar, yang terdiri dari : Karya Umum, Filsafat dan Psikologi, Agama, Ilmu Sosial, Bahasa, Ilmu-ilmu Alam dan Matematika, Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan, Kesenian, Hiburan dan Olahraga, Kesusasteraan, dan Sejarah, Geografi dan disiplin ilmu yang berkaitan.

  1. RUANG BI CORNER

Fasilitas Rak, buku dan sarana prasarana di ruangan ini merupakan bantuan dari Bank Indonesia Cabang Kota Pematang Siantar, menyediakan koleksi buku tentang ekonomi, perbankan, novel-novel best seller, dan buku lainnya. Ada sekitar 200 judul atau eksemplar koleksi yang ada di ruangan ini.

  1. RUANG BACA ANAK

Di ruangan ini anak-anak akan betah untuk berlama-lama membaca dan bermain, karena menyediakan koleksi buku anak-anak beragam mulai dari 5 s/d 10 tahun, ruangan sudah didekorasi dengan tampilan yang menarik untuk anak-anak, koleksi buku yang tersedia sekitar 1.428 eksemplar.

  1. RUANG REFERENSI

Di ruangan ini pengunjung dapat mencari koleksi kamus, ensiklopedi, handbook, manual, direktori, buku tahunan, kamu biografi, indeks, abstrak, ada juga koleksi buku peninggalan Belanda sebelum masa kemerdekaan, berjumlah 275 eksemplar.

  1. RUANG MULTIMEDIA

Ada 10 komputer yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung perpustakaan secara gratis di ruangan ini, dengan fasilitas internet dan monitor yang lebar pengunjung dapat menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah atau kampus, atau hanya sekedar mencari referensi untuk menambah pengetahuan.

  1. RUANG DISKUSI

Pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum dapat memanfaatkan ruangan diskusi ini yang berukuran 6 x 5 meter, berkapasitas 10 orang, memiliki proyektor, layar dan speaker. Ruangan ini dapat digunakan dengan pemberitahuan kepada petugas perpustakaan dan mengikuti peraturan dan tata tertib yang berlaku.

  1. RUANG AUDIO VISUAL

Ruangan ini berukuran 6 x 11 meter, dapat diisi oleh 30 orang dewasa atau 40 orang anak-anak, dilengkapi dengan layar 2 x 3 meter dan sound system serta speaker seperti berada teater mini, bagi yang ingin menggunakan fasilitas Ruangan ini pengunjung harus terlebih dahulu memberitahukan jadwal kunjungan kepada petugas layanan, dan harus mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku.

  1. RUANG HOTSPOT

Perpustakaan Umum Sintong Bingei menyediakan fasilitas wifi gratis dari kominfo Pematang Siantar, dengan membawa laptop pengunjung dapat berselancar di dunia maya dengan meja dan kursi yang nyaman.

  1. MUSHOLAH

Sebagai fasilitas umum Perpustakaan juga menyediakan Musholah untuk beribadah bagi umat muslim, lokasinya berada di lantai dasar bersebelahan dengan ruang Audio Visual.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung Website

000281
Views Today : 29
Views Yesterday : 33
Views Last 7 days : 148
Views Last 30 days : 677
Views This Month : 443
Views This Year : 2953
Total views : 7840